MAN 1 Soppeng VS SMAN.5 Debat Argumentasi


Soppeng, SportifNews.Id

Pada malam Grand Final yang mempertemukan MAN 1 Soppeng dengan SMAN 5 Soppeng, Debat berlangsung seru dan menarik. Kedua tim mengeluarkan kemampuan dan argumentasi terbaiknya.

MAN 1 Soppeng Akhirnya berhasil menyisihkan rival rivalnya dan keluar menjadi pemenang dalam Debat Pilkada 2024 antar siswa yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Soppeng di Aula Hotel Grand Saota, Jumat -Sabtu (6- 7/9/2024).


 Meski menjadi pemenang, MAN 1 Soppeng dinyatakan hanya unggul tipis dari rivalnya SMAN 5 Soppeng.

"Dari beberapa kreteria penilaian, masing masing tim saling menggungguli di kreteria tertentu, namun setelah akumulasi nilai dari ketiga dewan juri, MAN 1 Soppeng unggul dengan selisih nilai yang sangat tipis dan ditetapkan jadi pemenang " ujar Amrayadi SH MH mantan Komisioner Bawaslu Provinsi yang menjadi salah seorang dewan juri.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (Sosdiklih Parmas SDM) KPU Soppeng, L Soewarno pada malam final Debat Pilkada ini mengungkap bahwa MAN 1 Soppeng sebagai pemenang debat ini akan mewakili Kabupaten Soppeng mengikuti debat tingkat provinsi Sulawesi Selatan.

"Kegiatan ini merupakan kegiatan yang terintegrasi di 24 KPU kabupaten/kota Se-Sulsel," ujarnya

Menurut L Soewarno, lomba ini memberi ruang kepada para siswa sebagai pemilih pemula untuk mempelajari sistem demokrasi.

"Kegiatan ini adalah edukasi dan sosialisasi, sekaligus untuk menyerap aspirasi generasi muda dalam hal ini pelajar agar bagaimana pesta demokrasi ini berjalan dengan aman, lancar dan terkendali sesuai asas pemilu,"

"Selanjutnya, pemenang debat akan didelegasikan mengikuti Lomba di tingkat provinsi" ungkap L Soewarno

Sementara, Ketua KPU Soppeng Irwan Usman dalam sambutan penutupannya menyampaikan apreseasi yang tinggi terhadap partisipasi peserta yang mengikuti lomba debat ini.

"Sungguh membanggakan melihat kemampuan adek adek peserta terkait masalah kepemiluan. Kami berharap , para peserta lomba debat ini menjadi penyambung lidah KPU untuk menyebarkan luaskan informasi terkait Pilkada ke masyarakat luas, sehingga pelaksanaan pilkada yang baik dapat kita wujudkan bersama " ungkap Irwan

Sekadar diketahui, kegiatan debat antar pelajar KPU Soppeng ini diikuti oleh 15 tim dari berbagai Sekolah Menengah Atas atau sederajat di Kabupaten Soppeng.

Selain mendapat piala, Juara 1 dalam lomba debat ini mendapat hadiah Rp5 juta, juara 2 Rp3 juta, dan juara 3 Rp1,5 juta.(*)

Previous article
Next article

Leave Comments

Post a Comment

Ads Atas Artikel

Ads Tengah Artikel 1

Ads Tengah Artikel 2

Ads Bawah Artikel